Spesialist Lantai Kayu

☏ Office (022) 6078505 / (021) 5307273 ✆ Mobile ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA Klik disini

Perbedaan Ukuran Lantai Keramik dan Fungsinya

ukuran lantai keramik

Ukuran Lantai Keramik, Toko Lantai Kayu - Pemilihan lantai keramik menjadi bagian penting dalam merancang sebuah hunian. 

Tak hanya memberikan kesan tampilan yang menarik, ukuran keramik lantai yang tepat juga berperan penting dalam meningkatkan kenyamanan penghuni. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara menentukan ukuran keramik yang sesuai dengan jenis hunian, agar fungsi dan keindahan ruang dapat balance.

Pentingnya Ukuran Keramik yang Tepat

ukuran lantai keramik

Ukuran lantai keramik bukan cuman soal penampilan, melainkan fungsi yang harus dipertimbangkan. Beberapa area membutuhkan ukuran yang lebih kecil dan lebih besar.

Dari segi tampilan, menyesuaikan ukuran keramik dengan luas ruangan sangatlah penting untuk diperhatikan.

Sebab, jika keramik besar ditempatkan pada ruangan kecil itu akan terlihat lebih sempit. Sebaliknya, jika ukuran keramik kecil ditempatkan pada ruangan yang luas akan terlihat tidak bagus.

Baca Juga:
5 Lantai Bagus Selain Keramik Ini Bisa Jadi Alternatif Baru!

Untuk itu, mulai sekarang Anda harus memahami perbedaan ukuran lantai keramik dan menyesuakannya dengan ruangan yang akan di aplikasikan.

Perbedaan Ukuran Keramik Lantai

ukuran lantai keramik

Berikut ini beberapa ukuran keramik lantai yang sering digunakan, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. 

Setiap ukuran memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda, tergantung pada ruangannya.

1. Keramik 5x5 cm

Ukuran keramik ini sangat cocok untuk area kecil yang memerlukan detail seperti tiang atau kolom. 

Selain memberikan tampilan tekstur yang tegas, keramik ukuran kecil ini juga bisa digunakan untuk menciptakan aksen di area tertentu, seperti pada dinding atau lantai kamar mandi.

2. Keramik 10x10 cm dan 8x8 cm

Keramik dengan ukuran ini biasanya digunakan di area yang lebih luas seperti pagar, kubah masjid, atau dinding eksterior. 

Selain itu, Anda bisa memadukan ukuran ini dengan keramik yang lebih besar untuk menciptakan pola yang unik. Ini akan memberikan tampilan yang dinamis dan menarik pada ruangan.

3. Keramik 20x20 cm, 25x25 cm, dan 20x25 cm

Ukuran ini ideal untuk ruang yang tidak terlalu luas, seperti dapur atau kamar mandi. Keramik dengan dimensi ini sering digunakan karena fleksibilitasnya dalam berbagai konsep desain interior, baik modern maupun tradisional.

4. Keramik 60x60 cm ke Atas

Untuk ruangan yang luas seperti aula, ruang keluarga, atau ruang tamu yang besar, keramik dengan ukuran besar ini akan memberikan kesan elegan dan memperkuat dimensi ruangan. 

Keramik besar ini juga sering dipilih untuk menciptakan tampilan lantai yang bersih dan minimalis, karena jumlah nat (garis sambungan antar keramik) yang lebih sedikit.

Tips Menentukan Ukuran Lantai Keramik yang Tepat

ukuran lantai keramik

Memilih ukuran keramik lantai yang sesuai dengan hunian Anda bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut. 

Langkah-langkah ini membantu memastikan keramik yang dipilih dapat terpasang dengan efisien dan memberikan hasil yang optimal.

Mengukur Luas Lantai

Langkah pertama adalah mengukur luas lantai yang akan dipasangi keramik. Gunakan rumus matematika sederhana sesuai bentuk ruangan. 

Sebagai contoh, untuk ruang berbentuk persegi, Anda cukup mengalikan panjang dan lebar ruangan. 

Misalnya, jika ruang tamu Anda memiliki panjang dan lebar masing-masing 5 meter, maka luas lantainya adalah 25 meter persegi.

Mengukur luas lantai dengan tepat sangat penting karena ini akan menjadi panduan dalam menentukan jumlah keramik yang dibutuhkan.

Baca Juga:
Perbandingan Lantai Kayu Dengan Lantai Keramik

Mengukur Luas Keramik per Box

Setelah mengetahui luas lantai, langkah berikutnya adalah mengetahui berapa luas keramik dalam satu box. 

Setiap box keramik biasanya berisi sejumlah keping keramik dengan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari 20×20 cm hingga 60×60 cm. 

Anda dapat mengonversi ukuran keramik dari centimeter ke meter dengan cara membaginya dengan 100, kemudian kalikan dengan jumlah keping keramik dalam satu box untuk mengetahui total luas keramik dalam satu box.

Mengetahui luas keramik per box penting untuk memastikan bahwa jumlah keramik yang dibeli sesuai dengan kebutuhan lantai.

Menghitung Jumlah Keramik yang Dibutuhkan

Langkah terakhir adalah menghitung jumlah keramik yang diperlukan dengan membagi luas lantai dengan luas keramik per box. 

Misalnya, jika luas lantai adalah 25 meter persegi, dan satu box keramik memiliki total luas 2,45 meter persegi, maka Anda memerlukan sekitar 10 box keramik.

Perhitungan ini dapat menghindari pembelian keramik yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, sehingga anggaran dan waktu pemasangan dapat dioptimalkan.

Memastikan Kualitas Keramik

Selain memilih ukuran yang tepat, kualitas keramik juga sangat penting untuk diperhatikan. 

Pilihlah keramik yang tahan lama dan sesuai dengan kebutuhan ruangan. Misalnya, untuk area yang sering basah seperti kamar mandi, pilihlah keramik yang tidak licin. 

Sementara itu, untuk area yang sering dilalui banyak orang, pastikan keramik yang digunakan memiliki daya tahan yang baik.

Menentukan ukuran keramik lantai yang tepat adalah kunci untuk menciptakan rumah yang nyaman dan indah. 

Pastikan Anda memilih keramik berkualitas dan memperhatikan detail dalam pemasangannya agar hasilnya optimal. 

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang produk lantai atau tips lainnya seputar material bangunan, jangan ragu untuk menghubungi kami atau kunjungi blog kami untuk mendapatkan inspirasi terbaik bagi hunian Anda!

OUR PRODUCK

Untuk Informasi atau Pemesanan Produk, bisa langsung menghubungi team marketing kami Nurwahid ✆ 0821-4444-8887 Chat Via WA ☎ (021) 5397273

Lantai kayu jati

Lantai Kayu Jati

salah satu produk Lantai Kayu yang terpopuler karena tingkat keawetan serta keindahan serat yang dimiliki, Harga Lantai Kayu jati mulai Rp 220.000,- per meter persegi Selengkapnya

Lantai kayu Merbau

Lantai kayu Merbau

Memiliki serat kayu minimalis dan tegas, memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, cocok untuk gunakan untuk rumah rumah modern. Harga Lantai Kayu merbau mulai Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Vinyl

Lantai kayu Vinyl

Kelebihan Lantai Kayu Vinyl adalah sisitem pemasangan yang simple, serta biaya pasang yang murah, salah satu alternatif lantai kayu murah, Harga Rp 180.000,-/ meter persegi. Selengkapnya

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu Laminated

Ragam corak Lantai Kayu Laminated banyak pilihan, bisa di bongkar pasang, cocok untuk penggunaan untuk apartement, pemasangannya mudah dan cepat. Harga Rp 210.000,-/ per meter persegi. Selengkapnya

Decking bengkirai

Decking kayu Bengkirai

Di luar negri di kenal dengan yellow ballau, penggunaan untuk area outdoor, memiliki sifat tahan terhadap kebusukan serta terpaan air hujan langsung. Harga Mulai Rp 380.000,- /meter persegi. Selengkapnya

Decking Ulin

Decking kayu Ulin

Termasuk 10 jenis Kayu terkuat di dunia, tingkat keawetan bisa seumur hidup.Apabila terkena air dalam jangka waktu lama, struktur kayu makin padat, tidak akan terjadi pembusukan. Harga Mulai Rp 730.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Decking Merbau

Decking kayu merbau

Kayu merbau memiliki karakteristik yang tahan untuk penempatan area outdoor, tidak perlu khawatir, meskipun terkena panas dan hujan langsung kayu akan rusak. Harga Decking kayu Merbau Mulai Rp 430.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Plafon kayu

Plafon kayu Lumberceiling

Selain untuk Plafon kayu, bisa juga digunakan untuk bahan dinding kayu, tersedia dari bahan kayu Bengirai dan bahan kayu Ulin. Harga mulai Rp 280.000,-/meter persegi. Selengkapnya

Papan tangga Merbau

Papan tangga kayu Merbau

Ukuran telah di sesuaikan dengan tandar ukuran tangga, bisa custom ukuran.Tersedia papan tangga tanpa sambung dan sambung 2 layer, serta pilihan papan tangga polos atau dengan antislip. Harga mulai Rp 200.000,-/Pcs. Selengkapnya

London

Papan tangga kayu Jati

Papan tangga kayu jati salah satu produk yang cukup sulit, Karena ketersediaan bahan baku yang semakin susah. untuk pemesanan papan tangga jati tanpa sambung indent 1 bulan. Harga mulai Rp 400.000,-/Pcs. Selengkapnya

Produk Berkualitas, dan Bergaransi.Layanan pemesanan untuk seluruh wilayah Indonesia.

ă…¤TeleponWhatsAppă…¤ tokopedia toko lantai kayu shopee toko lantai kayu ☏ Office (022) 6078505